Konsep Pendidikan dalam Islam
Keywords:
Pendidikan Islam, Pondok Modern Gontor, Islamic EducationAbstract
Pendidikan Islam merupakan pilar penting dalam membangun peradaban yang berkemajuan, dengan memahami tujuan, prinsip, dan metode. Banyak lembaga pendidikan Islam, baik formal maupun non formal, yang berkontribusi dalam mencetak generasi penerus bangsa yang beriman, berakhlak mulia, dan berilmu pengetahuan yang di dasari dengan keimanan dan ke-Islaman. Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan bagaimana konsep pendidikan Islam dalam penerapan dan penanaman nilai-nilai Islam, khususnya di Pondok Pesantren Gontor. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kepustakaan. Sumber data yang digunakan berupa buku-buku, jurnal ilmiah, artikel, dan dokumen-dokumen resmi yang berkaitan dengan konsep pendidikan dalam Islam dan kurikulum pendidikan Islam khususnya di Pondok Pesantren Gontor. Hasil dari penelitian ini menunjukkan konsep pendidikan Islam dalam penerapan dan penanaman nilai-nilai Islam di lembaga pendidikan Islam. Dalam hal ini Pondok Modern Darussalam Gontor terus berupaya untuk menerapkan pendidikan Islam yang holistik melalui pembinaan santri-santri dengan nilai-nilai Islam,yang dikenal dengan kurikulum 24 jam,baik tertulis dan tersembunyi atau hidden curriculum melalui pengawasan dan kegiatan selama 24 jam yang membentuk akhlak dan perilaku santri.
Published
Issue
Section
Copyright (c) 2024 Al-Abqary: Jurnal Pemikiran Mahasiswa Pendidikan Islam
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.