Pendidikan Islam Dalam Mengolah Moralitas
DOI:
https://doi.org/10.63018/jpmpi.v1i01.112Keywords:
Pendidikan, Moralitas, Islam, PembiasaanAbstract
Di kalangan remaja dan pelajar, penurunan nilai moral remaja dapat dilihat dari meningkatnya tindakan kriminal, seperti perkelahian, penggunaan narkoba dan ekstasi, kebut-kebutan di jalan raya, gang motor, dan perilaku lain yang melanggar norma etika. Kejadian tersebut bahkan terjadi di wilayah pedalaman dan lingkungan sekolah. Pendidikan Islam dapat menjadi solusi untuk membimbing moralitas remaja melalui interaksi antar peserta didik. Tujuannya adalah menciptakan individu yang taat, cerdas, terpuji, jujur, dan mencintai Al-Qur'an. Metode penelitian kualitatif deskriptif digunakan untuk mengumpulkan data dari berbagai sumber, seperti buku, internet, dan artikel ilmiah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengembangan nilai moral dimulai dengan pelatihan praktis dan pembiasaan perilaku baik, serta pengendalian diri yang dilakukan secara sukarela dengan bimbingan dari sekolah, keluarga, guru, dan teladan yang baik.
Published
Issue
Section
Copyright (c) 2024 M. Ulfie Agits Ridwani, Endan Hamdan Ridwan

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.