Persepsi Santri Terhadap Kewibawaan Guru dan Semangat Belajar Santri Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam
DOI:
https://doi.org/10.63018/jpmpi.v1i02.126Keywords:
Persepsi santri, kewibawaan guru, semangat belajar santri, relasi konseptualAbstract
Studi ini bertujuan menganalisis ada tidaknya relasi konseptual antara aspek kewibawaan guru dengan semangat belajar siswa. Studi kualitatif dengan metode analisis deskriptif, pendekatan fenomenologi, analisis data kualitatif model skor nilai kategori ini menemukan terdapat hubungan (relasi konseptual) antara persepsi santri terkait kewibawaan guru dan semangat belajar santri, kendati hubungan (atau relasi konseptual) itu tidak bersifat konstan, namun berciri variatif, fluktuatif dan tentatif. Temuan ini memberi sketsa konseptual, bahwa secara kualitatif kewibawaan guru memiliki adalah variabel penting yang harus melekat pada sosok guru karena ia memberi daya pengaruh signifikan terhadap semangat belajar santri. Studi kualitatif ini juga menemukan pola relasi konseptual antara aspek ‘kewibawaan guru’ dengan ‘sikap disiplin santri’ dalam observasi penelitian.
Published
Issue
Section
Copyright (c) 2025 Aditiya Pramudiansyah, Bambang Mudjiyanto, Muhammad Daffa Shilbi, Afkar Khaibar Alfaruqi, Launa

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.