Persepsi Santri Terhadap Kewibawaan Guru dan Semangat Belajar Santri Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam

Authors

  • Aditiya Pramudiansyah Institut Agama Islam Pemalang
  • Bambang Mudjiyanto Universitas 17 Agustus 1945 Jakarta
  • Muhammad Daffa Shilbi International Open University
  • Afkar Khaibar Alfaruqi Sekolah Tinggi Agama Islam Al Hikmah Jakarta
  • Launa Universitas Sahid Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.63018/jpmpi.v1i02.126

Keywords:

Persepsi santri, kewibawaan guru, semangat belajar santri, relasi konseptual

Abstract

Studi ini bertujuan menganalisis ada tidaknya relasi konseptual antara aspek kewibawaan guru dengan semangat belajar siswa. Studi kualitatif dengan metode analisis deskriptif, pendekatan fenomenologi, analisis data kualitatif model skor nilai kategori  ini menemukan terdapat hubungan (relasi konseptual) antara persepsi santri terkait kewibawaan guru dan semangat belajar santri, kendati hubungan (atau relasi konseptual) itu tidak bersifat konstan, namun berciri variatif, fluktuatif dan tentatif. Temuan ini memberi sketsa konseptual, bahwa secara kualitatif kewibawaan guru memiliki adalah variabel penting yang harus melekat pada sosok guru karena ia memberi daya pengaruh signifikan terhadap semangat belajar santri. Studi kualitatif ini juga menemukan pola relasi konseptual antara aspek ‘kewibawaan guru’ dengan ‘sikap disiplin santri’ dalam observasi penelitian.

Published

2025-02-28