Munasabah Ayat-Ayat Ilmu Pengetahuan Sebagai Pendekatan Pendidikan Berbasis Al-Qur'an

Authors

  • Abdul Aziz Ridha FAI Unismuh Makassar

DOI:

https://doi.org/10.63018/jpmpi.v1i02.134

Keywords:

Munasabah Al-Qur'an, Ilmu Pengetahuan, Pendidikan Islam, Kurikulum

Abstract

Munasabah ayat-ayat Al-Qur'an merupakan salah satu pendekatan penting dalam memahami hubungan antar-ayat untuk menciptakan pemahaman yang holistik. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi bagaimana munasabah ayat-ayat ilmu pengetahuan dapat diterapkan sebagai pendekatan pendidikan berbasis Al-Qur'an. Dengan pendekatan kualitatif melalui studi kepustakaan, penelitian ini menganalisis ayat-ayat seperti QS Al-Baqarah: 164, QS Al-Anbiya: 30, dan QS An-Nur: 35, yang mengandung nilai-nilai ilmiah dan spiritual. Hasil penelitian menunjukkan bahwa integrasi ayat-ayat Al-Qur'an dalam kurikulum, modul pembelajaran sains, dan metode pengajaran mampu meningkatkan pemahaman ilmiah siswa sekaligus memperkuat nilai-nilai keislaman. Pendekatan ini juga efektif dalam membentuk generasi yang kritis, kreatif, dan berkarakter Islami, menjawab kebutuhan pendidikan modern yang seimbang antara ilmu pengetahuan dan nilai-nilai agama.

Downloads

Published

2025-02-28