Peran Afiliasi Guru Bimbingan Konseling Islam Dalam Pembinaan Akhlak Siswa SMP IT Mathla'ul Hidayah Darussalam Cibeber Cianjur

Authors

  • M. Ulfie Agits Ridwani STIT Al-Azami Cianjur

DOI:

https://doi.org/10.63018/jpmpi.v1i02.139

Keywords:

Sekolah, Siswa, akhlak, konseling

Abstract

Saat ini, banyak orang tua mengeluhkan penurunan akhlak siswa di sekolah, seperti berbicara kurang sopan, merokok, berpacaran, malas belajar, dan kecanduan handphone. Permendikbud No. 111 Tahun 2014 menegaskan bahwa layanan bimbingan dan konseling berbasis Islam wajib diberikan di tingkat SMP, baik di sekolah umum maupun berbasis agama. Penelitian ini bertujuan mencari solusi untuk menanamkan akhlak terpuji pada siswa SMP IT Mathlaul Hidayah Darussalam Cibeber Cianjur agar terhindar dari pengaruh negatif perkembangan zaman. Penelitian ini menggunakan metode studi dokumen dengan pendekatan kualitatif. Sumber data yang dianalisis meliputi kebijakan pendidikan, dokumen akademik sekolah, serta hasil wawancara dengan guru bimbingan konseling di SMP IT Mathla'ul Hidayah Darussalam. Untuk meningkatkan validitas data, triangulasi dilakukan dengan membandingkan temuan dari berbagai sumber, termasuk wawancara dengan siswa dan observasi langsung terhadap perilaku mereka di sekolah.

Published

2025-02-28