Efektivitas Metode Tahfidz Dalam Meningkatkan Kemampuan Menghafal Al-Qur’an Anak Usia Dini
DOI:
https://doi.org/10.63018/jpmpi.v1i02.141Keywords:
Efektifitas, Metode Tahfidz, Anak Usia DiniAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis efektivitas metode tahfidz dalam meningkatkan kemampuan menghafal Al-Qur’an pada anak usia dini. Metode tahfidz dikenal sebagai pendekatan sistematis yang melibatkan pengulangan, pendampingan intensif, dan pembentukan lingkungan belajar yang kondusif. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, data dikumpulkan dengan melalui observasi, wawancara serta analisis dokumen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode tahfidz efektif dalam meningkatkan kemampuan menghafal anak usia dini jika didukung oleh tiga faktor utama, lingkungan belajar yang kondusif dengan pendekatan yang menyenangkan dan adaptif, keterlibatan aktif guru dan orang tua, serta penggunaan media pembelajaran yang menyenangkan dan adaptif. Penelitian ini juga mengidentifikasikan hambatan dalam implementasi metode tahfidz, seperti keterbatasan fasilitas, konsentrasi anak yang pendek, dan kurangnya dukungan orang tua.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Isyeu Nur Syahlati, rosi jamilah

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.