Efektivitas Metode Tahfidz Dalam Meningkatkan Kemampuan Menghafal Al-Qur’an Anak Usia Dini

Authors

  • Isyeu Nur Syahlati STIT Al-Azami Cianjur
  • rosi jamilah mahasiswa

DOI:

https://doi.org/10.63018/jpmpi.v1i02.141

Keywords:

Efektifitas, Metode Tahfidz, Anak Usia Dini

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis efektivitas metode tahfidz dalam meningkatkan kemampuan menghafal Al-Qur’an pada anak usia dini. Metode tahfidz dikenal sebagai pendekatan sistematis yang melibatkan pengulangan, pendampingan intensif, dan pembentukan lingkungan belajar yang kondusif. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, data dikumpulkan dengan melalui observasi, wawancara serta analisis dokumen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode tahfidz efektif dalam meningkatkan kemampuan menghafal anak usia dini jika didukung oleh tiga faktor utama, lingkungan belajar yang kondusif dengan pendekatan yang menyenangkan dan adaptif, keterlibatan aktif guru dan orang tua, serta penggunaan media pembelajaran yang menyenangkan dan adaptif.  Penelitian ini juga mengidentifikasikan hambatan dalam implementasi metode tahfidz, seperti keterbatasan fasilitas, konsentrasi anak yang pendek, dan kurangnya dukungan orang tua.

Downloads

Published

2025-02-28