Pemikiran Pendidikan Islam Syekh Hassan Al-Banna
Keywords:
Pemikiran, Pendidikan Islam, Hasan Al-BannaAbstract
Penelitian ini adalah penelitian perpustakaan (library research) bertujuan untuk mengetahui bagaimana pemikiran pendidikan Islam Hasan Al-Banna. Pendidikan berarti suatu proses pengubahan sikap dan tingkah laku seseorang atau kelompok orang peserta didik dalam usaha mendewasakan melalui upaya pengajaran, pelatihan. Melalui upaya ini diharapkan agar pendidikan yang ditawarkan mampu berapresiasi terhadap dinamika peradaban modern secara adaptik proprsional tanpa harus melepaskan nilai-nilai Ilahiyah sebagai warna nilai control. Hasan al-Banna adalah seorang tokoh pembaru atau modernis dalam dunia Islam. Beliau dikenal sebagai tokoh pembaru, tidak hanya dalam bidang pendidikan, tetapi juga dalam bidang politik, ekonomi, sosial, dan kemasyarakatan. Hasan al-Banna memiliki gagasan bahwa kejumudan umat Islam disebabkan kesalahan dalam bidang pendidikan. Pemikiran Hasan al-Banna tentang pendidikan meliputi tiga aspek, yaitu materi pendidikan akal, jasmani, dan hati (qalb). Ketiga materi tersebut dapat diperoleh dari ilmu pengetahuan agama, eksakta, ilmu sosial dan cabang-cabangnya.
Published
Issue
Section
Copyright (c) 2024 Al-Abqary: Jurnal Pemikiran Mahasiswa Pendidikan Islam
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.