Penggunaan Smart Tv Dalam Meningkatkan Minat Belajar PAI di SDN Susukan II
Keywords:
PAI, Smart TV, minat belajarAbstract
Pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) secara formal di sekolah selama ini memiliki tantangan tersendiri diantaranya pendekatan pembelajaran, pemanfaatan media pembelajaran, dan kurang minatnya siswa dalam belajar PAI. Di sisi lain perkembangan perangkat berbasis teknologi informasi yang terkoneksi dengan internet saat ini berkembang sangat pesat dan salah satunya adalah Smart TV. Penelitian ini bertujuan menggali potensi penggunaan Smart TV dalam PAI dan mengetahui efektivitas penggunaanya untuk meningkatkan minat belajar PAI pada siswa Sekolah Dasar. Penelitian dilakukan di SDN Susukan II Kabupaten Cianjur Jawa Barat yang telah menerapkan penggunaan Smart TV dalam proses pembelajarannya. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif dengan metode studi kasus. Pengumpulan data dilakukan menggunakan teknik observasi dan wawancara kepada siswa, guru, dan manajemen sekolah. Analisis data dilakukan dengan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Smart TV memiliki potensi yang besar untuk digunakan sebagai media pembelajaran PAI dan terbukti efektif untuk meningkatkan minat belajar PAI di kalangan siswa. Kesimpulannya hal tersebut menunjukkan bahwa guru dituntut lebih kreatif lagi dalam mengoptimalkan Smart TV sebagai media pembelajaran.
Published
Issue
Section
Copyright (c) 2024 Al-Abqary: Jurnal Pemikiran Mahasiswa Pendidikan Islam
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.