About the Journal

AlMaheer Jurnal Pendidikan Islam  merupakan wadah untuk menampung artikel-artikel ilmiah yang dilaksanakan oleh dosen dan mahasiswa untuk prodi Pendidikan Agama Islam dan Pendidikan Islam Anak Usia Dini

 

AlMaheer Jurnal Pendidikan Islam mempunyai fokus dalam kajian pendidikan Islam, dengan scope sebagai berikut:

  • Dasar-dasar pendidikan Islam secara umum dan Pendidikan Islam Anak Usia Dini (filsafat, sejarah, Dirasah, dan ciri pendidikan Islam),

  • Pengembangan lembaga pendidikan Islam (pengembangan kurikulum, metode pembelajaran, guru dalam pendidikan Islam dan lainnya)

  • Kajian tentang konsep pendidikan Islam (tokoh pendidikan terkemuka, nash Quran sunnah mengenai pendidikan, dan lain-lain).

 

Kebijakan review oleh Jurnal AlMaheer: Jurnal Pendidikan Islam adalah sebagai berikut. 

  • Setiap artikel yang disampaikan akan ditinjau oleh satu reviewer.
  • Proses peninjauan menggunakan Double-blind Review, yang mana reviewer tidak tahu identitas penulis, dan sebaliknya penulis tidak tahu identitas reviewer.
  • Dalam proses peninjauan, reviewer mempertimbangkan korespondensi judul, abstrak, diskusi (temuan) dan kesimpulan. Selain itu, reviewer juga mempertimbangkan kebaruan, dampak ilmiah, dan referensi yang digunakan dalam makalah.

Sebuah artikel ditolak untuk publikasi karena berbagai pertimbangan, termasuk:

  • Artikel tidak sesuai dengan ruang lingkup jurnal.
  • Artikel tidak mengikuti kaidah penulisan ilmiah atau petunjuk penulisan.
  • Kesalahan metodologis mendasar.
  • Penulis menolak melakukan perbaikan atas saran yang diberikan oleh mitra bestari tanpa dasar logis.
  • Ada indikasi plagiarisme lebih dari 25%.