Mengintegrasikan Filsafat Sains Islam Terhadap Model Pembelajaran Project Based Learning (PjBL)-STEM

Authors

  • fitriani kulsum UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Irawan Pascasarjana UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Aan Hasanah Pascasarjana UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Chaerul Rochman Pascasarjana UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Minan Chusni Pascasarjana UIN Sunan Gunung Djati Bandung

DOI:

https://doi.org/10.63018/jpi.v2i02.120

Keywords:

Filsafat Sains, Filsafat Sains Islam, PjBL-STEM

Abstract

Duduk perkara masalah ilmu pengeahuan alam adalah bagian kehidupan manusia buat mengenal dirinya dengan alam sekitarnya. Pembelajaran IPA yang dianggap sulit oleh siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengintegrasikan filsafat sains Islam ke dalam model pembelajaran berbasis proyek (PjBL)-STEM pada pembelajaran IPA. Pandangan filsafat sains Islam diambil dari pembelajaran IPA menggunakan model Pembelajaran Berbasis Projek (PjBL). Metode penelitian yang digunakan merupakan studi literatur dengan pendekatan kulitatif memakai mencari pertarungan-perseteruan baik pada media masa elektro, jurnal, dampak penilaian guru, dan pula informasi-faka yang tak sporadis terjadi pada lapangan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa filsafat sains bekerja sama dengan pembelajaran IPA dengan model pembelajaran berbasis proyek (PjBL)-STEM. Ditinjau asal Filsafat Sains Islam memakai contoh pembelajaran Project Based Learning (PjBL)-STEM bisa menghasilkan siswa buat berpikir kritis, kreatif, logis, dan sistematis.

Published

2024-11-30

How to Cite

kulsum, fitriani, Irawan, Aan Hasanah, Chaerul Rochman, & Minan Chusni. (2024). Mengintegrasikan Filsafat Sains Islam Terhadap Model Pembelajaran Project Based Learning (PjBL)-STEM. AlMaheer: Jurnal Pendidikan Islam, 2(02), 91-102. https://doi.org/10.63018/jpi.v2i02.120