Peran Guru Dan Orangtua Dalam Mengatasi Dampak Negatif Penggunaan Gadget Pada Siswa: Perspektif Dystopian, Neo-Futuris, dan Teknorealis
DOI:
https://doi.org/10.63018/jpi.v2i02.121Keywords:
Siswa, gadget, dampak negatif, orangtua, guru, dystopian, neo-futuris, teknorealisAbstract
Tren kenaikan jumlah pengguna gadget dikalangan sisa terus meningkat dari waktu ke waktu. Studi kualitatif berbasis analisis deskriptif ini coba mengurai problematik seputar dampak negatif penggunaan gadget di kalangan siswa menggunakan tiga perspektif analisis, yakni analisis dystopian, neo-futuris, dan teknorealis. Hasil kajian menunjukkan, dampak negatif penggunaan gadget dikalangan siswa adalah terhambatnya pembentukan orientasi, sikap, dan perilaku siswa; terganggunya aspek psikis (siswa menjadi individualis, sensitif, reaktif, pemarah, dan sulit berkomunikasi); terganggunya kesehatan fisik (tingginya angka obesitas dan paparan radiasi elektromagentik yang berpotensi merusak syaraf mata dan otak dikalangan siswa); rendahnya kepasitas literasi dan prestasi belajar siswa; lemahnya kompetensi sosial dan kognitif siswa, serta minimnya parenting dan kerjasama pengawasan antarpihak secara efektif dan integratif. Hasil penelitian merekomendasi urgensi pengawasan guru dan orang tua secara efektif terkait siswa pengguna gadget aktif.
Published
How to Cite
Issue
Section
Copyright (c) 2024 Bambang Mudjiyanto, Afkar Khaibar Al Faruqi, Muhammad Daffa Shilbi, Launa
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.