Efektivitas Metode Ceramah, Tanya Jawab, Diskusi Dalam Pembelajaran Fiqih Kelas 7 Pondok Pesantren Ar-Rayyan Wonogiri

Authors

  • Nina Nurdiana Sekolah Tinggi Agama Islam Mulia Astuti Wonogiri
  • Amir Mukminin Sekolah Tinggi Agama Islam Mulia Astuti Wonogiri

DOI:

https://doi.org/10.63018/jpi.v3i01.125

Keywords:

pembelajaran fiqih, metode ceramah, metode diskusi, praktik

Abstract

Penelitian ini mendeskripsikan dan menanalisis tentang efektivitas metode ceramah, tanya jawab, dan diskusi dalam pembelajaran Fiqih di Pondok Pesantren Ar Rayyan Wonogiri untuk meningkatkan kualitas pembelajaran fiqih dan pembelajaran PAI pada umumnya. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu bagaimana penggunaan metode ceramah dalam pembelajaran fiqih di Ponpes Ar Rayyan Wonogiri. Bagaimana praktik dalam pembelajaran fiqih dan bagaimana metode fiqih dalam pembelajaran fiqih di Ponpes Ar Rayyan Wonogiri. Penelitian ini dilakukan dengan pengumpulan data melalui observasi dan wawancara. Hasil dari penelitian yang dilakukan di Ponpes Ar Rayyan yaitu pembelajaran fiqih di Ponpes tersebut menggunakan metode ceramah dan lebih banyak menekankan pada aspek keaktifan siswa dengan lebih banyak pembelajaran di ruang kelas. Metode yang digunakan yaitu metode ceramah, diskusi dan juga praktik.

Downloads

Published

2025-05-31

How to Cite

Nina Nurdiana, & Amir Mukminin. (2025). Efektivitas Metode Ceramah, Tanya Jawab, Diskusi Dalam Pembelajaran Fiqih Kelas 7 Pondok Pesantren Ar-Rayyan Wonogiri. AlMaheer: Jurnal Pendidikan Islam, 3(01), 1–8. https://doi.org/10.63018/jpi.v3i01.125