Relevansi Maqashid Syariah dalam Konsep Pendidikan Islam
DOI:
https://doi.org/10.63018/jpi.v3i01.137Keywords:
maqashid, pendidikan, maslahat syariahAbstract
Dalam menghadapi tantangan zaman modern, pendidikan Islam dituntut lebih adaptif. Artikel ini membahas relevansi Maqashid Syariah dalam konsep pendidikan Islam untuk menjawab tantangan zaman modern dan membentuk individu yang maslahat bagi dunia dan akhirat. Penelitian ini bertujuan memahami bagaimana prinsip-prinsip utama Maqashid Syariah—hifzh ad-din (agama), hifzh al-aql (akal), hifzh an-nafs (jiwa), hifzh an-nasl (keturunan), dan hifzh al-mal (harta)—dapat diintegrasikan dalam pendidikan Islam yang berorientasi pada pembentukan akhlak mulia. Metode yang digunakan adalah studi pustaka dengan pendekatan kualitatif. Hasilnya menunjukkan bahwa integrasi ini menghasilkan pandangan holistik, mencakup dimensi ruhani dan jasmani. Prinsip-prinsip tersebut mendukung pendidikan Islam tidak hanya dalam membentuk kecerdasan intelektual, tetapi juga spiritual dan sosial. Kesimpulannya, Maqashid Syariah sangat relevan sebagai dasar penguatan konsep pendidikan Islam dalam membentuk individu yang berakhlak, cerdas, dan bermanfaat, serta sebagai strategi untuk menjadikan pendidikan Islam lebih adaptif dan tetap berorientasi pada nilai-nilai akhirat.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Achmad Charits

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.