Pengembangan Soft skill Peserta Didik di SMP Salafiyah Melalui Pembinaan General Education
DOI:
https://doi.org/10.63018/jpi.v3i01.171Keywords:
general education, Islamic Education, 21st-century education, SMP Salafiyah Pekalongan.Abstract
Abad ke-21 ditandai oleh lanskap sosial-budaya yang dinamis, kompetitif, dan semakin kompleks, dengan perubahan yang berlangsung cepat serta spesialisasi pendidikan yang semakin tajam. Kondisi ini berisiko mengikis esensi pendidikan sebagai sarana pembentukan jati diri manusia secara utuh. Tulisan ini bertujuan untuk mengkaji urgensi dan kontribusi general education dalam mengembangkan softskill peserta didik di SMP Salafiyah Pekalongan. Penelitian ini menggunakan metode studi kasus dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa integrasi pendidikan yang mencakup pembelajaran lintas disiplin, penanaman nilai-nilai etika, dan praktik reflektif berperan signifikan dalam mengembangkan kemampuan komunikasi, kecerdasan emosional, kerja sama tim, dan keterampilan pemecahan masalah siswa. Temuan menarik dari penelitian ini adalah bahwa nilai-nilai keagamaan dan kultural yang melekat dalam pendekatan general education di sekolah tersebut menjadi katalis kuat dalam membentuk empati, toleransi, dan tanggung jawab sosial peserta didik. Studi ini menegaskan pentingnya general education sebagai upaya menyeimbangkan ranah kognitif dan afektif dalam pendidikan, serta merekomendasikan model ini sebagai praktik baik yang dapat direplikasi di lembaga pendidikan lainnya untuk menjawab tantangan era kontemporer.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Dewi Anggraeni, Dita Amalia, Urfan Hadi Rahman

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.