Peran Keluarga dan Komunitas Dalam Pendidikan Agama Bagi Generasi Z
DOI:
https://doi.org/10.63018/jpi.v3i01.181Keywords:
Pendidikan agama, generasi z, peran keluarga, peran komunitas, era digitalAbstract
Generasi z tumbuh dalam era digital yang penuh tantangan dalam penguatan nilai-nilai agama. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji peran keluarga dan komunitas dalam mendukung pendidikan agama bagi generasi z. metode yang digunakan adalah studi pustaka dengan pendekatan kualitatif berbasis deskriptif-analitis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keluarga memegang peran utama dalam penanaman nilai-nilai agama melalui keteladanan, komunikasi positif, dan integrasi nilai agama dalam kehidupan sehari-hari. Komunitas juga berkontibusi dengan menciptakan lingkungan sosial yang mendukung, memperkuat literasi keagamaan, dan menyediakan wadah pembelajaran agama yang adaptif dan menarik, seperti majelis taklim online dan komunitas one day one juz. Kolaborasi antara keluarga dan komunitas menjadi kunci dalam membangun karakter religius generasi z agar mampu mengahadapi tantangan era digital tanpa kehilangan identitas keagamaannya. Penelitian ini merekomendasikan inovasi dalam metode pendidikan agama yang kontekstual dan relevan dengan kebutuhan generasi z.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Ella Khusnia Putri, Nasikhin, Mustopa

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.