Peran Keluarga dan Komunitas Dalam Pendidikan Agama Bagi Generasi Z

Authors

  • Ella Khusnia Putri UIN Walisongo Semarang
  • Nasikhin
  • Mustopa

DOI:

https://doi.org/10.63018/jpi.v3i01.181

Keywords:

Pendidikan agama, generasi z, peran keluarga, peran komunitas, era digital

Abstract

Generasi z tumbuh dalam era digital yang penuh tantangan dalam penguatan nilai-nilai agama. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji peran keluarga dan komunitas dalam mendukung pendidikan agama bagi generasi z. metode yang digunakan adalah studi pustaka dengan pendekatan kualitatif berbasis deskriptif-analitis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keluarga memegang peran utama dalam penanaman nilai-nilai agama melalui keteladanan, komunikasi positif, dan integrasi nilai agama dalam kehidupan sehari-hari. Komunitas juga berkontibusi dengan menciptakan lingkungan sosial yang mendukung, memperkuat literasi keagamaan, dan menyediakan wadah pembelajaran agama yang adaptif dan menarik, seperti majelis taklim online dan komunitas one day one juz. Kolaborasi antara keluarga dan komunitas menjadi kunci dalam membangun karakter religius generasi z agar mampu mengahadapi tantangan era digital tanpa kehilangan identitas keagamaannya. Penelitian ini merekomendasikan inovasi dalam metode pendidikan agama yang kontekstual dan relevan dengan kebutuhan generasi z.

Downloads

Published

2025-05-31

How to Cite

Ella Khusnia Putri, Nasikhin, & Mustopa. (2025). Peran Keluarga dan Komunitas Dalam Pendidikan Agama Bagi Generasi Z. AlMaheer: Jurnal Pendidikan Islam, 3(01), 59–67. https://doi.org/10.63018/jpi.v3i01.181