Pendidikan Keluarga di Era Hedonistik: Tinjauan Kritis Filsafat Pendidikan Karakter

Authors

  • Danu Hendryawan Saputra Universitas Negeri Islam Walisongo
  • Nasikhin Universitas Negeri Islam Walisongo
  • Mustopa Universitas Negeri Islam Walisongo

DOI:

https://doi.org/10.63018/jpi.v3i01.184

Keywords:

Pendidikan keluarga, Hedonistik, Filsafat Pendidikan karakter

Abstract

Artikel ini membahas peran pendidikan keluarga dalam era hedonistik melalui sudut pandang filsafat pendidikan karakter. Hedonistik yang mengutamakan kesenangan sesaat menjadi tantangan bagi keluarga dalam menanamkan nilai-nilai karakter yang kuat. Penelitian ini menggunakan pendekatan kritis untuk menganalisis bagaimana keluarg dapat tetap efektif dalam membentuk karakter anak ditengah gaya hidup yang cenderung materialistic. Filsafat Pendidikan karakter dijadikan landasan untuk merumuskan strategi yang relevan dengan konteks masa kini. Hasil analisis menunjukan bahwa Pendidikan keluarga harus lebih menekankan pada pembiasaan nilai-nilai sederhana namun mendalam seperti kejujuran, tanggung jawab, dan empati. Artikel ini juga menyoroti pentingnya keteladanan orang tua sebagai fondasi utama dalam menangkal pengaruh negative hedonistic terhadap perkembangan karakter anak.

Downloads

Published

2025-05-31

How to Cite

Danu Hendryawan Saputra, Nasikhin, & Mustopa. (2025). Pendidikan Keluarga di Era Hedonistik: Tinjauan Kritis Filsafat Pendidikan Karakter. AlMaheer: Jurnal Pendidikan Islam, 3(01), 68–74. https://doi.org/10.63018/jpi.v3i01.184