Integrasi Nilai Tawakal dan Rabbani dalam Pendidikan Agama Pada Remaja: Studi Q.S Al-Kahfi:10

Authors

  • Shonia Ismawati Universitas UIN Walisongo Semarang
  • Nasikhin UIN Walisongo Semarang
  • Mustopa

DOI:

https://doi.org/10.63018/jpi.v3i01.191

Keywords:

Tawakal, Rabbani, Pendidikan Agama Remaja

Abstract

Penelitian ini menggunakan metode kajian tafsir Al-Qur’an dan analisis pendidikan untuk mengkaji penerapan nilai tawakal (berserah diri) dan rabbani (ketuhanan) dalam Q.S Al-Kahfi:10 untuk pendidikan agama pada remaja. Temuan penelitian ini menunjukkan bahwa kisah Ashabul Kahfi memberikan contoh nyata tentang pentingnya bersandar kepada Allah setelah berusaha semaksimal mungkin (tawakal) sekaligus menjaga kesadaran akan pengawasan-Nya (rabbani). Kedua nilai ini sangat relevan bagi remaja masa kini karena dapat membantu mereka menghadapi tekanan hidup dengan lebih tangguh. Tawakal mengajarkan remaja untuk berusaha keras kemudian percaya kepada ketetapan Allah, bukan sekedar pasrah tanpa tindakan. Sementara nilai rabbani membentuk kesadaran bahwa Allah selalu mengawasi mereka, sehingga mendorong perilaku bertanggung jawab. Untuk menerapkannya dalam pembelajaran, penelitian ini menawarkan metode kreatif seperti kisah Qur’ani, diskusi kelompok, dan praktik langsung dalam kehidupan sehari-hari. Hasilnya, remaja dapat mengembangkan ketahanan mental, mengurangi stres, dan memiliki landasan spiritual yang kuat di tengah tantangan globalisasi.

Downloads

Published

2025-05-31

How to Cite

Shonia Ismawati, Nasikhin, & Mustopa. (2025). Integrasi Nilai Tawakal dan Rabbani dalam Pendidikan Agama Pada Remaja: Studi Q.S Al-Kahfi:10. AlMaheer: Jurnal Pendidikan Islam, 3(01), 75–82. https://doi.org/10.63018/jpi.v3i01.191