Filsafat Pendidikan Humanis dan Relevansinya Dengan Pencegahan Korupsi

Authors

  • Siti Rokhanah UIN WALISONGO SEMARANG
  • Nasikhin UIN Walisongo Semarang
  • Mustopa UIN Walisongo Semarang

DOI:

https://doi.org/10.63018/jpi.v3i01.192

Keywords:

Filsafat Pendidikan, Karakter Moral, Kesadaran Kritis, Pencegahan Korupsi, Pendidikan Humanis

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi relevansi filsafat pendidikan humanis dalam pencegahan korupsi dengan menekankan pada pembentukan karakter yang berbasis nilai-nilai moral dan etika dalam sistem pendidikan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan analisis deskriptif, yang mengkaji teori-teori filsafat pendidikan, prinsip pendidikan humanis, serta implikasinya terhadap pembentukan integritas peserta didik. Temuan penelitian menunjukkan bahwa pendidikan humanis dapat membentuk kesadaran kritis, empati, dan rasa tanggung jawab sosial yang esensial dalam mencegah praktik korupsi, melalui integrasi nilai-nilai etis dalam kurikulum dan praktik pembelajaran yang dialogis. Kontribusi penelitian ini adalah memberikan wawasan baru tentang pentingnya pendekatan humanis dalam pendidikan sebagai strategi preventif dalam pemberantasan korupsi, sekaligus menyarankan reformasi kurikulum dan penguatan kapasitas moral para pendidik untuk menciptakan generasi yang berintegritas dan bertanggung jawab.

Downloads

Published

2025-05-31

How to Cite

Siti Rokhanah, Nasikhin, & Mustopa. (2025). Filsafat Pendidikan Humanis dan Relevansinya Dengan Pencegahan Korupsi. AlMaheer: Jurnal Pendidikan Islam, 3(01), 83–94. https://doi.org/10.63018/jpi.v3i01.192