Tinjauan Pendidikan Islam Terhadap Pendidikan Anak Usia Dini
DOI:
https://doi.org/10.63018/jpi.v2i01.21Keywords:
pendidikan Islam, anak usia dini, kurikulum, metodeAbstract
Pendidikan Islam memandang bahwa setiap anak yang dilahirkan pada dasarnya dalam keadaan suci tanpa mengetahui apapun, akan tetapi anak sudah dibekali dengan pendengaran, penglihatan dan juga hati sehingga ini dapat dikatakan potensi yang dibawanya sejak lahir untuk dapat dikembangkan setelah dilahirkan ke dunia. Untuk mengembangkan potensi tersebut diperlukan pendidikan yang tentunya sesuai dengan nilai-nilai atau norma-norma yang ada dan yang terpenting juga sesuai dengan kemampuan yang dimiliki oleh anak yang diimplementasikan dalam kurikulum dan metode pembelajaran yang sesuai dengan landasan penyelenggaraan pendidikan anak usia dini. Penelitian ini bertujuan untuk memformulasikan kurikulum dan metode pembelajaran bagi anak usia dini dalam perspektif pendidikan Islam. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif berbasis library research. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa, kurikulum pembelajaran anak usia dini itu harus mengandung tiga pokok pendidikan yakni pendidikan akidah, ibadah dan akhlak. Adapun beberapa metode pembelajaran dalam perspektif Islam yang dapat diterapkan dalam metode pembelajaran anak usia dini yaitu metode dengan keteladanan, metode latihan dan pengalaman, dan metode bermain, bernyanyi dan bercerita.
Published
How to Cite
Issue
Section
Copyright (c) 2024 Muhammad Rizal Zaenulloh
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.