Pengaruh Teori Kognitif Jean Piaget Terhadap Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Pesantren Roudlotul Ulum
DOI:
https://doi.org/10.63018/jpi.v2i01.25Keywords:
Islamic Religious Education, Jean Piaget, Semiotics, Learning OutcomesAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh teori kognitif Jean Piaget yang diterapkan di dalam pembelajaran Agama Islam. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan uji korelasi sederhana yang dilaksanakan di Pondok Pesantren Roudhlotul Ulum. Metode pada peneltian ini menggunakan metode survei dengan analisis korelasi untuk melihat keterkaitan antara semiotik siswa dan hasil belajar siswa menggunakan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VIII di SMP Roudlotul Ulum dengan sampel sebanyak 32 siswa. Instrumen pada penelitian ini menggunakan angket dan tes. Pada penelitian ini dapat disimpulkan bahwa semiotik siswa tidak mempengaruhi hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran Contextual Teaaching and Learning dengan hubungan korelasi yang relatif rendah. Sehingga dapat dikatakakn bahwa masih banyak siswa yang berada pada tahap transisi menuju formal. Dengan demikian untuk penelitian selanjutnya diharapkan dapat menganalisis hasil belajar siswa pada pendidikan agama Islam untuk melihat perbedaan dan interaksi yang terjadi ditinjau berdasarkan tahap kognitif siswa.
Published
How to Cite
Issue
Section
Copyright (c) 2024 Ibnu Imam Al Ayyubi, Sabrina Yasmin, Dede Ahmad Riyadi, Shoutika Nawadya Ikromi, Muhammad Wildan Maulana Dzikri
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.