Pengaruh Teori Kognitif Jean Piaget Terhadap Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Pesantren Roudlotul Ulum

Authors

  • Ibnu Imam Al Ayyubi Sekolah Tinggi Agama Islam Darul Falah
  • Sabrina Yasmin Sekolah Tinggi Agama Islam Darul Falah
  • Dede Ahmad Riyadi Sekolah Tinggi Agama Islam Darul Falah
  • Shoutika Nawadya Ikromi Sekolah Tinggi Agama Islam Darul Falah
  • Muhammad Wildan Maulana Dzikri Sekolah Tinggi Agama Islam Darul Falah

DOI:

https://doi.org/10.63018/jpi.v2i01.25

Keywords:

Islamic Religious Education, Jean Piaget, Semiotics, Learning Outcomes

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh teori kognitif Jean Piaget yang diterapkan di dalam pembelajaran Agama Islam. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan uji korelasi sederhana yang dilaksanakan di Pondok Pesantren Roudhlotul Ulum. Metode pada peneltian ini menggunakan metode survei dengan analisis korelasi untuk melihat keterkaitan antara semiotik siswa dan hasil belajar siswa menggunakan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VIII di SMP Roudlotul Ulum dengan sampel sebanyak 32 siswa. Instrumen pada penelitian ini menggunakan angket dan tes. Pada penelitian ini dapat disimpulkan bahwa semiotik siswa tidak mempengaruhi hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran Contextual Teaaching and Learning dengan hubungan korelasi yang relatif rendah. Sehingga dapat dikatakakn bahwa masih banyak siswa yang berada pada tahap transisi menuju formal. Dengan demikian untuk penelitian selanjutnya diharapkan dapat menganalisis hasil belajar siswa pada pendidikan agama Islam untuk melihat perbedaan dan interaksi yang terjadi ditinjau berdasarkan tahap kognitif siswa.

Published

2024-05-30

How to Cite

Al Ayyubi, I. I., Yasmin, S., Riyadi, D. A., Ikromi, S. N., & Dzikri, M. W. M. (2024). Pengaruh Teori Kognitif Jean Piaget Terhadap Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Pesantren Roudlotul Ulum. AlMaheer: Jurnal Pendidikan Islam, 2(01), 34-47. https://doi.org/10.63018/jpi.v2i01.25