Sejarah
ChildhoodLab Journal: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini lahir dari kebutuhan untuk mewadahi penyebarluasan teori, praktik, dan hasil penelitian terbaru dalam bidang pendidikan anak usia dini berbasis nilai-nilai Islam. Jurnal ini menjadi media ilmiah yang menjembatani para akademisi, peneliti, praktisi, dan pemerhati pendidikan anak usia dini untuk berbagi gagasan, inovasi, serta temuan terbaru.
Tujuan Pendirian
Tujuan utama penerbitan ChildhoodLab Journal adalah:
-
Mendorong pertumbuhan literatur ilmiah dalam bidang Pendidikan Islam Anak Usia Dini.
-
Menyediakan ruang publikasi bagi hasil riset, kajian teoritis, dan praktik pendidikan berbasis nilai-nilai Islam.
-
Memfasilitasi pertukaran pengetahuan antara peneliti, pendidik, dan pemangku kebijakan pendidikan anak.
-
Menjadi referensi ilmiah terpercaya dalam pengembangan pendidikan anak usia dini yang integratif antara aspek keilmuan dan keislaman.
Arti Nama "ChildhoodLab Journal"
Nama ChildhoodLab Journal dipilih untuk merepresentasikan konsep:
-
Childhood: Masa kanak-kanak sebagai fase krusial pembentukan karakter, nilai, dan kecerdasan anak.
-
Lab (Laboratorium): Simbol ruang eksplorasi, inovasi, dan eksperimen ilmiah untuk memahami dunia anak.
-
Journal: Media formal untuk mendokumentasikan perkembangan, teori, dan praktik terbaik dalam pendidikan anak usia dini berbasis Islam.
Dengan nama ini, diharapkan jurnal menjadi tempat "laboratorium" gagasan baru untuk masa depan pendidikan Islam anak-anak.
Target Indeksasi
Untuk meningkatkan kredibilitas dan jangkauan akademik, ChildhoodLab Journal menargetkan untuk diindeks di:
-
DOAJ (Directory of Open Access Journals)
-
Google Scholar
-
Garuda (Garba Rujukan Digital)
-
Sinta (Science and Technology Index Indonesia)
-
Crossref (untuk DOI)
-
(Dalam jangka panjang juga menargetkan Scopus setelah memenuhi persyaratan internasional)
Waktu Terbitan
ChildhoodLab Journal terbit dua kali dalam setahun, yaitu pada:
-
Maret (Edisi Pertama)
-
September (Edisi Kedua)
Setiap edisi akan berisi artikel-artikel ilmiah hasil penelitian, studi literatur, maupun praktik terbaik di bidang pendidikan Islam anak usia dini.