Proses Peer Review

Kebijakan review oleh Jurnal ChildhoodLab Journal: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini adalah sebagai berikut. 

  • Setiap artikel yang disampaikan akan ditinjau oleh satu reviewer.
  • Proses peninjauan menggunakan Double-blind Review, yang mana reviewer tidak tahu identitas penulis, dan sebaliknya penulis tidak tahu identitas reviewer.
  • Dalam proses peninjauan, reviewer mempertimbangkan korespondensi judul, abstrak, diskusi (temuan) dan kesimpulan. Selain itu, reviewer juga mempertimbangkan kebaruan, dampak ilmiah, dan referensi yang digunakan dalam makalah.
  •  

Sebuah artikel ditolak untuk publikasi karena berbagai pertimbangan, termasuk:

  • Artikel tidak sesuai dengan ruang lingkup jurnal.
  • Artikel sudah publish di jurnal lain.
  • Artikel tidak mengikuti kaidah penulisan ilmiah atau petunjuk penulisan.
  • Kesalahan metodologis mendasar.
  • Penulis menolak melakukan perbaikan atas saran yang diberikan oleh mitra bestari tanpa dasar logis.
  • Ada indikasi plagiarisme lebih dari 25%.