Proses Peer Review
Kebijakan review oleh Jurnal ChildhoodLab Journal: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini adalah sebagai berikut.
- Setiap artikel yang disampaikan akan ditinjau oleh satu reviewer.
- Proses peninjauan menggunakan Double-blind Review, yang mana reviewer tidak tahu identitas penulis, dan sebaliknya penulis tidak tahu identitas reviewer.
- Dalam proses peninjauan, reviewer mempertimbangkan korespondensi judul, abstrak, diskusi (temuan) dan kesimpulan. Selain itu, reviewer juga mempertimbangkan kebaruan, dampak ilmiah, dan referensi yang digunakan dalam makalah.
Sebuah artikel ditolak untuk publikasi karena berbagai pertimbangan, termasuk:
- Artikel tidak sesuai dengan ruang lingkup jurnal.
- Artikel sudah publish di jurnal lain.
- Artikel tidak mengikuti kaidah penulisan ilmiah atau petunjuk penulisan.
- Kesalahan metodologis mendasar.
- Penulis menolak melakukan perbaikan atas saran yang diberikan oleh mitra bestari tanpa dasar logis.
- Ada indikasi plagiarisme lebih dari 25%.